Pages

Minggu, 11 Maret 2012

CARA MENJADI PINTAR ,mau..? bACa DulLU


Tag RAGALOFO 
Setiap orang pengen pintar. Mungkin motivasinya beda-beda, ada yang pengen pintar biar gak bisa dibegoin orang, atau pengen pintar biar bisa nge-bego-in orang, atau yang sekedar pengen pintar biar bisa dikagumi, dll. 

Tapi pada dasarnya yang selama ini kita ketahui buat menjadi pintar tuh ada prosesnya dan gak bisa langsung jadi pintar. Ada sih yang emang udah cerdas dari lahir, artinya proses pembelajarannya lebih cepet dari yang lainnya ato yang biasa dikenal dengan IQ. IQ sering menjadi tolak ukur kepintaran seseorang. Nah, tapi gimana orang yang IQ nya rendah? apakah bisa jadi pintar? tentu bisa. Dan apakah bisa menjadi pintar dengan INSTAN alias sekejap alias seketika alias langsung? hmmm.. bisa gak ya?

Jawabannya adalah BISA !!!! asal kita tahu rahasianya biar bisa menjadi pintar dengan instan. Apa tuh my rahasianya? gimana caranya? oke akan gue ceritain dari pengalaman gue berikut, jadi gue cerita dulu nih..


Gue tau cara menjadi pintar dengan instan ini dari guru SMP gue, jadi waktu itu kalo gak salah gue baru masuk kelas 2 SMP. Pada pelajaran PAI, seperti biasa guru PAI nyuruh kita kalo di rumah bukunya baca, tapi ada salah satu temen gue bilang "Pak, kalo belajar di rumah suka gak masuk.. gimana sih pak biar masuk?" lalu Pak guru menjelaskan bagaimana cara belajar efektif, yaitu membaca dan memahami, juga mengerjakan latihan-latihan. Selesai menjelaskan, ada anak lain yang bertanya "Ada gak sih pak caranya biar kita langsung pintar? gak perlu belajar? pintar secara instan gitu?" Pak guru tersenyum, membenarkan posisi duduknya, lalu menjawab "Ada kok, mau tau?". Semua murid kaget dan penasaran, kami antusias ingin mengetahui rahasia biar bisa pintar secara instan itu.

Pak guru menarik nafas panjang, dan mulai berbicara "Caranya adalah... kalian bakar buku pelajaran, lalu larutkan abu bekas pembakaran ke segelas air, terus diminum.. misalnya kalian bakar buku bahasa Inggris lalu minum abu-nya nanti kalian jadi pinter bahasa Inggris, apa yang ada di buku itu pasti kalian bisa, nah kalo mau pinter matematika, bakar buku matematika, dst"Pak guru menerangkan dengan panjang lebar.

Yah.. gue kecewa, ternyata cuma bercanda, kirain gue beneran, udah serius-serius yekan? Anak-anak yang lain juga kecewa "Yeeee si bapak, kirainmah beneran! becanda aja nih!" seru anak-anak. Tapi Pak guru dengan muka serius ngeyakinin "Ini beneran lho.. kalian harus percaya, cara ini emang udah bener-bener terbukti ampuh!"

Ngeliat muka serius pak guru kayak gitu, kita terdiam.. setengah percaya, setengah gak percaya. Pikiran mengatakan "Gak mungkinlah! itu gak masuk akal banget!" tapi gue juga ga bisa memungkiri kalo muka pak guru waktu itu serius banget. Tiba-tiba terlintas dalam otak gue cuplikan Sinetron yang waktu gue kecil dulu sering tonton, sinetron ini diperankan oleh Tasya, penyanyi cilik pelantun "Libur telah tiba", dalam sinetron itu diceritakan kehidupan Tasya bersama 3 bonekanya yang bisa bicara (gue juga punya bonekanya di rumah).

Dalam salah satu episode gue inget, kalo Tasya ingin menjadi juara kelas dan ingin mengalahkan temannya. Dia mendengar mitos kalo minum larutan abu dari buku pelajaran yang terbakar bakal bisa pintar. Para boneka mencoba menjelaskan kepadanya bahwa cara itu cuma mitos, tapi keinginan Tasya untuk mengalahkan temannya mendorongnya untuk tetap melakukannya. Akhirnya setelah meminum larutan itu Tasya langsung pusing, ambruk, dan pingsan lalu dirawat di rumah sakit. Setelah sadar Tasya pun berjanji untuk rajin belajar untuk menjadi juara kelas.

Kok malah jadi cerita Tasya gini ya? yah, intinya waktu itu gue mikir, apakah nanti gue akan menjadi korban mitos dan terkapar di rumah sakit karena memakan laurtan karbon itu seperti Tasya, dan akhirnya gue mengakui kesalahan gue dan berjanji akan rajin belajar setelah sebelumnya digampar nyokap karena melakukan hal bodoh ini? Atau ternyata ini benar-benar berhasil, lalu gue akan menjadi super pintar? gue akan bakar kamus biar bisa semua bahasa, gue akan bakar buku walkthrough biar jago main game. Gue galau..

Di tengah keheningan kelas yang dihiasi wajah-wajah siswa yang cengo, pak guru melanjutkan, seakan masih ada rahasia lain yang lebih besar "Tapi, kalo kalian udah pintar, kalian masih harus sekolah.. iya donk, kalo kalian langsung berenti sekolah, apa kata masyarakat. Nah kalo kalian masih harus sekolah, kalian harus tetep belajar di kelas.. pake buku". Lalu ada yang bertanya "emang kenapa pak harus pake buku lagi? kan bukunya udah kita bakar?". Lalu pak guru menjawab dengan muka serius "soalnya kalo kalian gak pake buku, apa kata guru mata pelajarannya entar? melihat satu kelas langsung pintar tiba-tiba dan bukunya menghilang? apa kalian bakal bilang terus terang kalian pake cara ini? kalian mau ngebocorin rahasia ini?" kata pak guru.

Kita terdiam, lalu salah satu murid nyeletuk : "Yaelah pak, buku aja satu paketnya mahal, masa harus beli dua paket? buat dibakar satu, buat belajar satu.. lagian duit dari mana? minta sama orangtua? masa mau cerita buat dibakar.. pasti gak boleh donk pak gimana sih?" Pak guru tersenyum "Ya.. memang agak mahal kalo mau pinter instan, tapi sepadan kan sama yang di dapat?"
Semua siswa yang tadinya mungkin udah ada niat, jadi mengurungkan niatnya dan pada berkicau, lalu pak guru melanjutkan "Jadi gak mau nih pake cara ini?" "gak mau paaaak, ga punya duiiit" jawab semua anak. Ooh gitu, yaudah ada lagi cara buat pinter, walau gak secepet yang cara tadi, tapi ini lebih mudah dan gratis...". Anak-anak seperti sudah tau jawabannya dan bertanya dengan setengah antusias "apaan tuh pak?"

"Dengan belajar.. cuma dengan belajar, kalian bisa jadi pintar, hebat kan? gratis lagi.." jawab pak guru dengan puas karena berhasil 'mengerjai' murid-muridnya. "Yaaaaaah belajar lagi, itumah udah tau pak!" . "Yaudah kalo gitu.. ayo kita lanjut belajar, sampe mana tadi?"

"yah sial, cuma intermezo sebelum memulai pelajaran" gumam gue, tapi bener juga sih.. :)
Reaksi:

Posted by : -Ragalofo- ~ / Software Collections , Pendidikan , Humor , Lyrics , Blog Tutorial , Internet Bisnis

Artikel CARA MENJADI PINTAR ,mau..? bACa DulLU diposting oleh Galanx EL Praditsa pada Minggu, 11 Maret 2012. Terima kasih atas kunjungannya. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar.. Jika diperlukan Artikel ini bisa disebarluaskan melalui blog sobat, hanya mohon sebutkan sumbernya dengan tautan link aktif ke postingan ini. Terimakasih. Happy blogging

0 komentar:

Poskan Komentar