Pages

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions

Jumat, 14 Juni 2013

Kimcil itu apa sih?


Kali ini saya akan mengulas tentang fenomena masyarakat tentang " KIMCIL" yang identik dengan cewek ABG yang masih muda, cantik, imut yang bisa membuat semua laki laki terpesona.


(gambar hanya ilustrasi saja)

Entah kapan dan siapa yang mencetus Istilah KIMCIL, yang jelas tidak ada definisi yang jelas tentang KIMCIL, tidak ada kriteria yang jelas dan tidak ada batasan yang jelas untuk membedakan antara KIMCIL atau bukan.



Namun ternyata setelah surfing di Google akhirnya saya menemukan bahwa ternyata " KIMCIL " adalah sebuah singkatan dari (maaf) Kimpet Cilik, Namun karena konotasi dari kata " Kimpet " yang negatif maka banyak orang yang beranggapan kalau KIMCIL adalah Kimpol Cilik atau Kempol Cilik ( Dalam Bahasa Jawa, Kempol : Betis)



Mungkin maksud KIMCIL adalah Betis Kecil para anak sekolahan atau anak kuliahan yang berusia sekitar 15 - 23 Tahun. Sudah jelas bahwa KIMCIL adalah sebutan untuk Cewek ABG yang Centil, Kemayu, Sok Imut dan suka narsis foto foto dengan pakaian minim.

Sebagian orang (wanita) tidak mau di panggil KIMCIL atau disamakan dengan KIMCIL , karena menurut mereka (wanita) KIMCIL dianggap telah merendahkan derajat/martabat wanita.

Kalau sudah begini salah siapa??? ,tentunya karena budaya barat yang merusak kebudayaan ketimuran. Coba bayangkan...apakah ada KIMCIL di tahun 90an???wkwkwk 

Pendidikan moral, agama dan sopan santun nampaknya harus di ajarkan dari usia dini. Agar para ABG labil yang polos tidak menjadi Seorang KIMCIL.

Mau jadi apa bangsa ini kalo cuma meniru gaya hidup orang barat tanpa meniru teknologi canggih orang barat, bisa bisa bangsa kita terjajah secara tidak langsung.

Saran dari saya, ajari anak perempuan, adek perempuan, keponakan perempuan dan saudara perempuan anda untuk senantiasa memakai jilbab atau pakaian yang menutup aurat agar tidak di cap sebagai KIMCIL.

Cukup sekian artikel yang saya sampaikan, jika ada kesalahan pada penulisan saya mohon maaf sebesar besarnya. Artikel ini saya buat agar tidak ada lagi aliran KIMCIL baru yang bermunculan.

Minggu, 14 Oktober 2012

CARA MEMBUAT TEXT AREA / TEKS AREA / KOTAK DI POSTING

Ragalofo - CARA MEMBUAT TEXT AREA / TEKS AREA Teks Area ADALah kotak aktif yang dapat digunakan untuk meletakkan script atau kode CSS dan semacamnya, agar lebih mudah di kenali pembaca.  Kegunaan Teks Area memang sangat berguna untuk membedakan mana tulisan kita dengan kode-kode, bisa juga di gunakan untuk artikel yang sedikit lebih penting.
Teks Area juga dapat di modifikasi lho.. jadi lebih unik dan lebih menarik dari biasanya.  Kalo yang biasa hasilnya seperti ini aja koG...


Scriptnya ->>

<textarea cols="25" name="txt" rows="5" wrap="VIRTUAL">ISI TEXT AREA SOBAT</textarea>

Gak menarik bukan ? Nah.. kali ini kita membahas bagaimana cara Membuat Teks Area Unik dan Menarikdengan teknik coba-coba akhirnya bisa menemukan Teks Area yang unik dan juga sangat menarik untuk kalian coba !  Enggak coba kalian bakal nyesel ! Inget ! NYESEL ! #lebay.  Langsung aja enggak usah bertele-tele lagi,  silahkan lihat beberapa contoh Teks Area Unik dan Menarik di bawah ini..Scripsnya berada di bawah contoh silahkan di simak !! :)
    


Scriptnya ->>

<textarea cols="50" name="code" rows="3" style="-moz-border-radius: 7px; background: #FBEFFF; border-left: 20px solid #CA3DD9; border: 1px solid #CA3DD9; color: #ca3dd9; line-height: 1.5em; padding: 5px;"> ISI TEKS  AREA SOBAT DISINI</textarea> 


Scriptnya ->>

<textarea name="code" rows="4" cols="50" style="background: #000; color: #fff; border: 2px inset #ccc; line-height: 1.5em; padding: 0 7px; -moz-border-radius: 5px;"> ISI TEKS AREA SOBAT DISINI </textarea>


Scriptnya ->>

<textarea name="code" rows="4" cols="50" style="background:#BFFAFF; color:#FF0000; border-bottom: 4px solid #40FF1F; border-right: 4px solid #40FF1F; border-top: 4px solid #FFE900; border-left: 4px solid #FFE900; line-height:1.5em; padding:5px; -moz-border-radius:10px;"> ISI TEKS AREA SOBAT DISINI </textarea>


Scriptnya ->>

<textarea cols="50" name="area" rows="4" style="-moz-border-radius-bottomright:<br /> 15px; -moz-border-radius-topleft: 15px; background: #7FFF00; border:<br /> 2px ridge #0000FF; color: black; line-height: 1.5em; padding:<br /> 5px;"> ISI TEKS AREA SOBAT DISINI </textarea>


  Gimana ? ganteng ganteng bukan Teks Area nya?  Seperti yang nulis artikel ini dong tentunya !  Bercanda kok ._.v .  Oh iya ada tambahan juga sob.. jika ingin melebarkan dan memanjangkan Teks Area juga bisa kok.  cols itu maksudnya adalah kolom, jadi jika ingin melebarkan silahkan ukurannya diganti yang terdapat dicols="50" .  Jika ingin memanjangkan Teks Area ganti ukuran yang ada di rows="4" , rows berarti baris.

     Bener bener berguna enggak buat kalian ?  Pastinya dong ! Kalo masih ada pertanyaan atau mungkin kritik, saran dan juga pujian silahkan tinggalkan di kotak komentar.. semoga bermanfaat dan salam blogger !!

Minggu, 07 Oktober 2012

PEMAHAMAN BIOLOGI

Assalamualaikum Wr Wb...Di artikel ini Ragalofo akan memberi pemahaman biologi, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin :) 

 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Biologi
  1. Faktor internal
  2. Faktor External
Faktor Intern meliputi
  • Intelegensi
  • Perhatian
  • Bakat
  • Minat
  • Motivasi
  • Kematangan
  • Kesiapan.
Perhatian
  • Perhatian adalah keaktifan jiwa yang dipertinggi jiwa itupun bertujuan semata-mata kepada suatu benda atau hal (objek) atau sekumpulan obyek.
Bakat
  • Bakat adalah the capacity to learn
  • Dengan kata lain, bakat adalah kemampuan untuk belajar
  • Kemampuan itu akan terealisasi pencapaian kecakapan yang nyata sesudah belajar atau terlatih.
  • Kemampuan potensial yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai keberhasilan pada masa yang akan datang.
Minat
  • Minat adalah menyakut aktivitas-aktivitas yang dipilih secara bebas oleh individu.
  • Minat besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar siswa, siswa yang gemar membaca akan dapat memperoleh berbagai pengetahuan dan teknologi.
Motivasi
  • Motivasi erat sekali hubungannya dengan tujuan yang akan dicapai dalam belajar
  • di dalam menentukan tujuan itu dapat disadari atau tidak, akan tetapi untuk mencapai tujuan itu perlu berbuat,
  • sedangkan yang menjadi penyebab berbuat adalah motivasi itu sendiri sebagai daya penggerak atau pendorongnya.
  • Jadi, dari pendapat di atas dapat diasumsikan bahwa motivasi siswa dalam proses belajar mengajar, sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa,
  • Dengan demikian prestasi belajar siswa dapat berdampak positif bilamana siswa itu sendiri mempunyai kesiapan dalam menerima suatu mata pelajaran dengan baik.

Faktor Ekstern
Faktor ekstern yang berpengaruh terhadap prestasi belajar dapatlah dikelompokkan menjadi tiga faktor
  1. Faktor keluarga
  2. Faktor sekolah
  3. Faktor masyarakat
SEKOLAH
Guru dan cara mengajar
  • Faktor guru dan cara mengajarnya merupakan faktor penting,
  • bagaimana sikap dan kepribadian guru, tinggi rendahnya pengetahuan yang dimiliki oleh guru
  • bagaimana cara guru itu mengajarkan pengetahuan itu kepada anak-anak didiknya turut menentukan hasil belajar yang akan dicapai oleh siswa.
Alat-alat pelajaran
  • Untuk dapat hasil yang sempurna dalam belajar
  • alat-alat belajar adalah suatu hal yang tidak kalah pentingnya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
  • misalnya perpustakaan, laboratorium dan sebagaianya.
  • Sekolah yang cukup memiliki alat-alat dan perlengkapan yang diperlukan untuk belajar ditambah dengan cara mengajar yang baik dari guru-gurunya,
  • Kecakapan guru dalam menggunakan alat-alat itu, akan mempermudah dan mempercepat belajar anak.
Kurikulum
  • Kurikulum diartikan sejumlah kegiatan yang diberikan kepada siswa,
  • Kegiatan itu sebagian besar menyajikan bahan pelajaran agar siswa menerima, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu.
  • Kurikulum yang tidak baik akan berpengaruh tidak baik terhadap proses belajar maupun prestasi belajar siswa.
Waktu sekolah

  • Waktu sekolah adalah waktu terjadinya proses belajar mengajar di sekolah
  • Waktu sekolah dapat pagi hari, siang, sore bahkan malam hari
  • Waktu sekolah juga mempengaruhi belajar siswa
Interaksi guru dan murid
  • Guru yang kurang berinteraksi dengan murid secara intim, menyebabkan proses belajar mengajar itu kurang lancar.
  • Oleh karena itu, siswa merasa juah dari guru, maka segan berpartisipasi secara aktif di dalam belajar.
Media pendidikan
  • Kenyataan saat ini dengan banyaknya jumlah anak yang masuk sekolah
  • Maka memerlukan alat-alat yang membantu lancarnya belaajr anak dalam jumlah yang besar pula
  • Media pendidikan ini misalnya seperti buku-buku di perpustakaan, laboratorium atau media lainnya yang dapat mendukung tercapainya prestasi belajar dengan baik.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor di atas sangat mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa
Dari dasar itulah saya tidak tega kalau anak indonesia hanya mau belajar dan bisa biologi saja kok harus susah , ngeluarin uang berjibun jibun untuk Bimbel dll, maka saya beranikan diri membuat BLOG ini sebisa mungkin , sesederhana mungkin , semudah mungkin untuk bisa biologi dengan baik. dan tentu saya berharap semuga Blog ini bermanfaat. Tengkyu

RUANG LINGKUP BIOLOGI



Assalamualaikum Wr Wb...Di artikel ini Ragalofo akan memberi tahu ruang lingkup biologi, semoga bermanfaat bagi kita semua.  Amin :) Dari sinilah sebaiknya Biologi dimulai...menyenangkan , menyegarkan dan membikin kangen , ketika demikian apa saja keilmuannya , apa saja sulitnya jadi semakin Cool . OK




Ruang Lingkup Biologi merupakan awal materi biologi yang diperkenalkan pada kelas X , berisi Materi yang meliputi:
  1. Objek dan ragam persoalan Biologi dari berbagai tingkat organisasi kehidupan,
  2. Cabang cabang Biologi dan pemanfaatannya bagi manusia serta lingkungannya.
Keduanya wajib diketahui karena dari keduanya materi itu nanti akan diuraikan  nerusaha di detailkan
    • Sebagai bagian dari IPA, kajian Biologi sangatlah luas dan beragam, mencakup segala sesuatu mengenai peri kehidupan makhluk hidup, mulai dari lingkup yang paling kecil yaitu tingkat molekuler hingga lingkup bioma di permukaan bumi.
    • Objek-objek kajian tersebut selanjutnya semakin berkembang seiring dengan kemajuan IPTEK,sehingga kajian masing-masing objek semakin kompleks atau rumit.
    • Objek atau kajian dalam biologi yang sangat luas atau beragam itu diperlukan penyederhanaan.
    • maka para ahli Biologi Whitaker , 1969 obyek diklasifikasikan menjadi 5 Kingdom (Animalia, Plantae, Fungi, Protista, dan Monera) dan Virus.
    • Bahkan ada yang mengklasifikasikan menjadi Plantae, Animalium, Fungi, Protista, Monera yang meliputi Archaebacteria, dan Eubacteria.
    • Untuk memudahkan mempelajari ataupun melandasi suatu penelitian, objek-objek tersebut dipilah-pilah menurut tingkatan-tingkatan yaitu mulai dari tingkatan teremdah molekuler - sel - jaringan - organ - sistem organ - individu - populasi - komunitas yang kemudian berinteraksi dengan lingkungan abiotik - ekosistem,
    • Ekosistem dengan vegetasi di darat membrntuk bioma, di air membentuk ekosistem aquatika , ekosistem ekosistem itu saling berhubungan berhubungan membentuk Biosfer . Biosfer itu tidak lain adalah bumi
    • Dari berbagai hal itulah secara specifik kemudian perlu pembahasan secara detail lewat kajian ilmu ilmu.
    • Hal ini menimbulkan terbentuknya cabang-cabang ilmu dalam Biologi. Contoh cabang-cabang ilmu Biologi adalah genetika, sitologi, histologi, anatomi, fisiologi, morfologi, taksonomi, zoologi, botani, embriologi, mikrobiologi, patologi, parasitologi, virologi, ekologi, dan bioteknologi.

    HIERARCHY OF LIFE -ATOM

    biology  AtomLabeledLarge1 297x300 Hierarchy Of Life
    The atom is a basic unit of matter and the lowest in hierarchy of life that consists of a dense, central nucleus surrounded by a cloud of negatively charged electrons. The atomic nucleus contains a mix of positively charged protons and electrically neutral neutrons (except in the case of hydrogen-1, which is the only stable nuclide with no neutrons). The electrons of an atom are bound to the nucleus by the electromagnetic force. Likewise, a group of atoms can remain bound to each other, forming a molecule. An atom containing an equal number of protons and electrons is electrically neutral, otherwise it has a positive or negative charge and is an ion. An atom is classified according to the number of protons and neutrons in its nucleus: the number of protons determines the chemical element, and the number of neutrons determines the isotope of the element

    HIERARCHY OF LIFE – MOLECULE

    biology  Water molecule1 262x300 Hierarchy Of Life 
    A molecule is defined as a group of at least two atoms in a definite arrangement held together by covalent chemical bonds.In the narrow use of the word, molecules are electrically neutral. Molecules are distinguished from polyatomic ions in this strict sense. However, in quantum physics, organic chemistry, and biochemistry, the term molecule is used less strictly and also is applied to molecular ions, charged organic molecules, and biomolecules.

    HIERARCHY OF LIFE  - ORGANELLE

    biology  organelle1 300x279 Hierarchy Of Life
    In cell biology, an organelle  is a specialized subunit within a cell that has a specific function, and is usually separately enclosed within its own lipid bilayer.
    The name organelle comes from the idea that these structures are to cells what an organ is to the body (hence the name organelle, the suffix -elle being a diminutive). Organelles are identified by microscopy, and can also be purified by cell fractionation. There are many types of organelles, particularly in eukaryotic cells. Prokaryotes were once thought not to have organelles, but some examples have now been identified

    HIERARCHY OF LIFE – CELL

    biology  animal cell1 Hierarchy Of Life
    The cell is the functional basic unit of life and also in biology it can be considered among the lowest in hierarchy of life. And is the functional unit of all known living organisms. It is the smallest unit of life that is classified as a living thing, and is often called the building block of life. Some organisms, such as most bacteria, are unicellular (consist of a single cell). Other organisms, such as humans, are multicellular. Humans have about 100 trillion  cells;

    HIERARCHY OF LIFE – TISSUE

    biology  body tissues1 Hierarchy Of Life
    Tissue is a cellular organizational level intermediate between cells and a complete organism. Hence, a tissue is an ensemble of cells, not necessarily identical, but from the same origin, that together carry out a specific function. Organs are then formed by the functional grouping together of multiple tissues. Tissue helps to protect our joints.

    HIERARCHY OF LIFE – ORGANS

    biology  humanbody1 Hierarchy Of Life
    an organ  is a collection of tissues joined in structural unit to serve a common function.
    Usually there is a main tissue and sporadic tissues. The main tissue is the one that is unique for the specific organ. For example, main tissue in the heart is the myocardium, while sporadic are the nerves, blood, connective etc.. Functionally related organs often cooperate to form whole organ systems. Organs exist in all higher biological organisms, in particular they are not restricted to animals, but can also be identified in plants. An example of this is the bladder. In single-cell organisms like bacteria, the functional analogues of organs are called organelles.

    HIERARCHY OF LIFE – ORGAN SYSTEM

    biology  digestive system1 Hierarchy Of Life
    A Biological system (or Organ system) is a group of organs that work together to perform a certain task. Common systems, such as those present in mammals and other animals, seen in human anatomy, are those such as the circulatory system, the respiratory system, the nervous system.

    HIERARCHY OF LIFE – ORGANISM

    biology  HumanBodySmall1 Hierarchy Of Life
    An organism is any contiguous living system (such as animal, plant, fungus, or micro-organism). In at least some form human are in this level of  hierarchy of life, all organisms are capable of response to stimuli, reproduction, growth and development, and maintenance of homoeostasis as a stable whole. An organism may either be unicellular (single-celled) or be composed of, as in humans, many trillions of cells grouped into specialized tissues and organs. The term multicellular (many-celled) describes any organism made up of more than one cell.

    HIERARCHY OF LIFE – POPULATION.

    biology  population1 300x296 Hierarchy Of Life


    A population is all the organisms that both belong to the same species and live in the same geographical area. The area that is used to define the population is such that inter-breeding is possible between any pair within the area and more probable than cross-breeding with individuals from other areas. Normally breeding is substantially more common within the area than across the border

    HIERARCHY OF LIFE – COMMUNITY.

    biology  biotic community1 1024x716 Hierarchy Of Life
    describes all the interacting organisms living together in a specific habitat (or biotope). Biotic communities may be of varying sizes, and larger ones may contain smaller ones. The interactions between species are especially evident in food or feeding relationships,The entire array of organisms inhabiting a particular ecosystem

    HIERARCHY OF LIFE – ECOSYSTEM.

    biology  ecosystem1 Hierarchy Of Life
    An ecosystem is a biological environment consisting of all the organisms living in a particular area, as well as all the nonliving, physical components of the environment with which the organisms interact, such as air, soil, water, and sunlight. It is all the organisms in a given area, along with the nonliving (abiotic) factors with which they interact; a biological community and its physical environment.

    Hierarchy Of Life – Biosphere.

    biology  biosphere1 Hierarchy Of Life
    The biosphere is the global sum of all ecosystems and can be considered as for today that it is the highest in hierarchy of life. It can also be called the zone of life on Earth. From the broadest biophysiological point of view, the biosphere is the global ecological system integrating all living beings and their relationships, including their interaction with the elements of the lithosphere, hydrosphere and atmosphere. The biosphere is postulated to have evolved, beginning through a process of biogenesis or biopoesis, at least some 3.5 billion years ago. The concept that the biosphere is itself a living organism, either actually or metaphorically, is known as the Gaia hypothesis.


    Pada tingkat molekul, Biologi mempelajari berbagai macam struktur dan ciri molekul
    yang melakukan reaksi-reaksi penyusunan dan pembongkaran.

    • Molekul-molekul tersebut kemudian saling berinteraksi membentuk sebuah struktur terkecil dari organisme yang dinamakan sel.
    • Sel-sel dengan bentuk dan fungsi yang samamembentuk jaringan, dan beberapa jaringan menyusun organ.
    • Untuk menjalankan fungsinya, suatu organ akan melibatkan organ-organ lainnya. Hal ini menimbulkanpengelompokan kerja organ-organ yang memiliki suatu fungsi khusus yang disebut Sistem Organ.
    • Untuk tingkatan ini, di dalam tubuh hewan tingkat tinggi, terdapat bermacam sistem organ, diantaranya adalah sistem respirasi, sistem transportasi, sistem pencernaan, sistem saraf, sistem reproduksi dan sistem ekskresi .
    • Seluruh Sistem organ tersebut saling berinteraksi, saling menunjang atau saling berpengaruh dan membentuk satu tubuh yang disebut individu.
    • Jadi individu merupakan satu organisme yang tubuhnya tersusun oleh berbagai sistem organ yang saling berhubungan.
    Di lingkungan yang lebih luas, individu diartikan sebagai satuan makhluk hidup
    tunggal, misalnya seorang anak, seekor ayam, seekor ikan, sebatang pohon pisang,
    sebatang tanaman padi, dan sebagainya.

    • Setiap individu di suatu areal tempat tinggal/ habitatnya tentu tidak sendirian.
    • Ia akan berinteraksi membentuk kumpulan individu sejenis yang dinamakan populasi.
    • Individu-individu dikatakan sejenis atau satu species jika mampu melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan yang fertil.
    • Misalnya sekelompok kambing di dalam kandang merupakan contoh populasi kambing; kambing betina dengan kambing jantan dikatakan satu species karena apabila terjadi perkawinan akan dihasilkan anak kambing yang juga dapat mempunyai keturunan lagi kelak.
    • Selanjutnya populasi ini berinteraksi dengan populasi lainnya dan membentuk komunitas.
    • Interaksi antara beberapa komunitas dengan lingkungan abiotiknya akan menyusun struktur yang dinamakan ekosistem.
    • Dalam lingkup yang lebih luas, iklim suatu daerah mempengaruhi kehidupan yang ada di dalamnya sehingga terbentuklah bioma.
    • Contoh bioma adalah: tundra, taiga, hutan decidous, hutan hujan tropis, padang rumput, savana, dan gurun;
    • Setiap bioma memiliki ciri atau karakter khusus yang ditandai dengan vegetasi (tumbuhan) dan hewan dominan.
    • Selanjutnya interaksi antarbioma di permukaan bumi membentuk lapisan mahluk hidup di bumi yang dinamakan biosfer.
    Setiap tingkatan dalam organisasi Biologi tersebut saling berkaitan/berhubungan dan
    saling mempengaruhi.

    • Apabila terjadi gangguan atau kerusakan pada salah satukomponen atau tingkatan maka akan mempengaruhi keberadaan komponen atau tingkatan yang lainnya.
    • Adapun gangguan atau kerusakan dalam lingkup ekosistem dapat terjadi akibat bencana alam dan atau akibat perbuatan manusia.
    • Untuk yang kedua ini, perusakan ekosistem akibat perbuatan manusia biasanya dikarenakan kurangnya pemahaman yang baik mengenai ekologi dan sikap yang kurang bijaksana dalam mengeksploitasi sumber daya alam baik yang hayati maupun yang non hayati.
    • Penanganan terhadap masalah lingkungan atau ekologis ini harus dilakukan dengan menggunakan pendekatan biologis, disamping alam sendiri memiliki kemampuan memperbaiki diri (self purification) yaitu dengan mengadakan suksesi ekologis.
    Biologi sebagai ilmu murni yang mendasari ilmu terapan (bidang pertanian,peternakan, perikanan, dan kedokteran), bersama dengan perkembangan teknologi dan disiplin ilmu lainnya, telah banyak membawa perubahan yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan hidup manusia.
    • Penemuan-penemuan di bidang Biologi atau bioteknologi telah berhasil memecahkan berbagai masalah atau persoalan dalam hidup manusia
    • misalnya penemuan-penemuan dalam teknik rekayasa genetika untuk menciptakan hewan dan tanaman transgenik, teknik superovulasi untuk perbanyakan ternak jenis unggul, teknik penyisipan atau pemisahan gen, teknik fertilisasi in vitro, teknik penyimpanan dan transfer embrio, inseminasi buatan, teknik kultur jaringan, teknik kloning, teknik mutasi buatan, teknik transplantasi organ, serta penemuan berbagai jenis obat, antibiotik dan vaksin. OK
    • Silahkan membedah materi biologi dengan kondisi yang cool , fungky dan tentu sistematis

    LATIHAN
    1. Perbedaan antara ilmu pengetahuan dan pengetahuan biologi terletak pada ….
    a. ilmu mempunyai objek dan metode, pengetahuan tidak
    b. pengetahuan diperoleh melalui penelitian terencana sedangkan ilmu tidak
    c. pengetahuan bersumber pada ilmu, sedangkan ilmu bersumber pada masalah
    d. pengetahuan diperoleh tanpa sengaja dari obyek sedangkan ilmu diperoleh dari obyek tertentu dengan metode khusus
    e. pengetahuan mempunyai objek tanpa metode sedangkan ilmu mempunyai objek sekaligus menggunakan metode tertentu

    2. Pengertian biologi yang paling tepat dijabarkan sebagai ilmu ….
    a. yang mempelajari arti dari keseimbangan alam
    b. yang mempelajari makhluk hidup yang ada dan yang pernah ada
    c. yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen
    d. yang mempelajari semua makhluk hidup yang sekarang ada
    e. yang mempelajari keberadaan jaring-jaring kehidupan di bumi

    3. Objek material yang dikaji dalam biologi adalah ….
    a. makhluk hidup saja
    b. makhluk hidup dan jasad renik
    c. makroorganisme dan mikroorganisme
    d. makhluk hidup dan yang pernah hidup
    e. makhluk hidup dan makhluk tidak hidup

    4. Hal pokok yang membedakan biologi dengan ilmu-ilmu lainnya adalah ….
    a. objek dasarnya
    b. objek formalnya
    c. objek materialnya
    d. metode yang digunakan
    e. pengetahuan yang mendasari

    5. Ruang lingkup biologi yang dalam pengkajiannya memerlukan alat bantu berupa mikroskop, misalnya ….
    a. atom dan molekul
    b. organel, sel, dan jaringan
    c. bioma dan biosfer
    d. sel saja
    e. organ

    6. Seorang dokter mencatat pada seorang pasien terdapat gejala: suhu tubuh cenderung tinggi selama 3 hari terakhir, ada keluhan mual dan sakit di ulu hati, keluar darah dari hidung (mimisan), keluar bintik-bintik merah pada permukaan kulit. Hasil pemeriksaan laboratorium trombosit sangat rendah. Berdasarkan gejala tersebut ditegaskan diagnosis pasien terserang penyakit DBD (deman berdarah dengue), yang penyebarannya melalui perantara nyamuk. Perilaku nyamuk penyebab DBD merupakan persoalan biologi pada tingkat ….
    a. individu
    b. populasi
    c. komunitas
    d. ekosistem
    e. biosfer

    7. Berikut ini yang bukan manfaat mempelajari biologi secara moral adalah ….
    a. dapat memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana
    b. tidak mudah percaya dengan hal-hal yang berbau mistik
    c. mampu bersikap ilmiah dalam menghadapi masalah
    d. berani memanfaatkan hutan dengan sekehendak hati
    e. peduli terhadap keberadaan makhluk hidup di sekitarnya

    8. Berbagai upaya untuk peningkatan produksi pangan diantaranya dilakukan dengan penyilangan berbagai varietas padi untuk mendapatkan bibit padi unggul. Penyilangan-penyilangan ini merupakan penerapan cabang ….
    a. anatomi
    b. morfologi
    c. fisiologi
    d. genetika
    e. ekologi

    9. Salah satu manfaat biologi yang paling mendasar bagi manusia adalah ….
    a. jumlah penemuan biologi yang semakin banyak
    b. mampu mengurangi dan meredakan permasalahan lingkungan
    c. lahirnya ahli-ahli biologi yang berkecimpung di berbagai kehidupan
    d. makin bertambahnya manusia yang mencintai ilmu biologi
    e. lahirnya sikap manusia yang peduli pada kehidupan diri dan makhluk lainnya

    10. Mekanisme gerakan otot yang dipelajari dalam fisiologi gerak merupakan cabang ilmu biologi yang juga melibatkan ilmu lain, antara lain ….
    a. matematika, dan fisika
    b. kimia dan matematika
    c. kimia dan fisika
    d. ekologi kimia dan statistik
    e. fisika dan geofisika

    PROSES BELAJAR BIOLOGI

    Assalamualaikum Wr Wb...Di artikel ini Ragalofo akan memberikan bagaimana cara strategi / proses belajar bilogi, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin :)

    PROSES BELAJAR BIOLOGI
     1. Menunjukkan pemahaman konsep, fakta, metodologi, istilah, dan cara mempresentasikan data saintifik dengan cara:
    1. Menjelaskan suatu istilah saintifik dengan tepat
    2. Menggambar suatu diagram
    3. Mengurutkan suatu peristiwa saintifik
    4. Mengukur suatu material
    5. Menyebutkan suatu istilah saintifik
    2. Mengaplikasikan dan menggunakan fakta, konsep, metodologi, istilah saintifik untuk berkomunikasi secara efektif, metodologi yang sesuai untuk mempresentasikan informasi saintifik dengan cara:
    1. Memberikan keterangan singkat pada suatu diagram atau grafik
    2. Mengapliksikan teori, persamaan dan prinsip-prinsip dasar pada situasi yang baru
    3. Menggunakan tehnik matematika untuk menjawab suatu pertanyaan
    4. Membandingkan persamaan dan perbedaan dari suatu benda atau keadaan
    5. Memberikan informasi secara detail
    6. Menjelaskan perbedaan antara dua atau lebih benda atau keadaan
    7. Menaksir suatu nilai yang tidak diketahui berdasarkan informasi yang diberikan dan latar belakang teori
    8. Memberi jawaban berdasarkan berbagai macam pilihan situasi atau keadaan
    9. Menjelaskan secara singkat
    3. Menyusun, menganalisa, dan mengevaluasi hipotesa, metodologi, dan penjelasan saintifik dengan cara:
    1. Menginterpretasikan data untuk mencapai suatu kesimpulan
    2. Membuat suatu grafik
    3. Membuat suatu kesimpulan berdasarkan informasi yang diberikan
    4. Memanipulasi persamaan matematika untuk menghasilkan persamaan yang baru
    5. Membuat rencana eksperimen atau model saintifik
    6. Menentukan jawaban yang benar
    7. Memberikan argument atau alternative hipotesa
    8. Menganalisa implikasi dan kekurangan suatu eksperimen
    9. Memberi penjelasan secara detail, yang termasuk sebab akibat dan mekanisme suatu kondisi
    10. Memprediksi hasil suatu eksperimen
    11. Menjawab pertanyaan dengan menggunakan tehnik aljabar dan angka
    12. Menawarkan suatu hipotesa atau kemungkinan lain
    4. Kolaborasi: dapat bekerja sama dengan orang lain
    1. Menghargai pendapat kawan
    2. Dapat memberi petunjuk bila diperlukan
    3. Mengemukakan pendapat dengan sopan
    4. Sabar
    5. Mau menerima perbedaan pendapat
    Ditambah dengan:
    1. Mendiskusikan dan menganalisis data dari jurnal penelitian atau informasi lainnya mengenai isu-isu global yang berhubungan dengan biologi
    2. Mengkomunikasikan hasil penelitian atau proyek.
    STRATEGI PEMBELAJARAN
    Strategi pembelajaran Biologi di SMA didasarkan pada pengembangan konsep-konsep dasar di bawah ini, yaitu:
    A. Pembelajaran yang menyeluruh
    • Implikasi dari konsep “Pembelajaran yang menyeluruh” adalah para guru sains diharapkan untuk:
    1. Dapat bekerja sama dengan sesama guru, baik di bidang sains maupun dari bidang lainnya
    2. Memberikan kesempatan mengintegrasikan topik yang diajarkan dalam segala cabang sains dengan mata pelajaran lainnya
    3. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menghargai kontribusi yang telah diberikan oleh sains terhadap kehidupan dan kualitas hidup manusia
    B. Kesadaran interkultural
    • Sains memberikan kontribusi dalam pengembangan kesadaran interkultural dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengeksplorasi isu-isu sains, baik lokal maupun global.
    • Dengan memberi kesempatan peserta didik untuk mengekplorasi topik-topik secara kritis, melalui perspektif global dan multikultural, diharapkan dapat menumbuhkan rasa toleransi, saling menghormati, dan empati.
    • Selain itu, peserta didik juga mendapatkan kesempatan untuk merefleksikan peran dan tanggung jawab mereka terhadap lingkungan mereka dan dunia.
    C. Komunikasi
    • Sains memfokuskan kepada pentingnya pengembangan kemampuan untuk memahami dan mengkomunikasikan pemikiran-pemikiran saintifik secara efektif.
    • Untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi, peserta didik harus diberikan kesempatan untuk membaca, menulis, dan mendiskusikan masalah-masalah yang berhubungan dengan sains.
    • Peserta didik harus diberi kesempatan untuk menggunakan bermacam-macam cara/metode komunikasi, yaitu secara oral atau tertulis, secara visual, simbol matematika dan multimedia